Petugas Bandara Soetta Siaga 4 Jam Sebelum Antrean Panjang
Bandara Soekarno Hatta diprediksi akan menghadapi lonjakan penumpang yang signifikan dalam arus mudik Lebaran tahun ini. Sebanyak 188 ribu penumpang diperkirakan akan membanjiri Bandara Internasional Soekarno Hatta pada hari ini, Sabtu (6/4/2024), menjadikannya puncak arus mudik Lebaran 2024.

"Ekspektasi kami adalah puncak arus mudik hari ini. Kami memperkirakan akan ada 1.200 penerbangan dengan total penumpang mencapai 188 ribu," ungkap EGM Bandara Soekarno Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, Sabtu (6/4/2024).

Dwi Ananda juga menyatakan bahwa kepadatan sudah mulai terjadi, terutama di area Check-In Pelita Air dan Garuda Indonesia sejak pukul 08.45 WIB. Dengan begitu, dipastikan akan terjadi lonjakan penumpang sesuai dengan prediksi yang telah ditetapkan.

Untuk mengatasi lonjakan tersebut, sejumlah langkah antisipasi telah dilakukan oleh Angkasa Pura II dan maskapai penerbangan. Salah satunya adalah dengan pembentukan tim yang bertugas sesuai dengan bidang masing-masing.

"Sebelum terjadi lonjakan penumpang, petugas sudah berada di posisi masing-masing empat jam sebelumnya. Kami memastikan tidak ada keterlambatan petugas di posisinya," ungkap Dwi Ananda.

Disamping itu, kepadatan penumpang di Bandara Soekarno Hatta juga diprediksi akan terjadi secara berperingkat. Misalnya, di Terminal 1 dan 2 terjadi kepadatan pada rentang waktu 05.00 sampai 08.00 pagi, sementara di Terminal 3 dimulai dari pukul 07.00 pagi hingga 10.00 pagi.

"Pada sore hari, kepadatan akan sedikit berkurang, namun diperkirakan akan meningkat kembali pada malam hari, terutama untuk penerbangan menuju Indonesia bagian timur. Selain itu, penerbangan internasional juga diharapkan akan meningkat pada sore hingga malam hari," tambahnya.

Sebagaimana yang diketahui, pada pagi ini ratusan ribu penumpang memadati Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soekarno Hatta di hari puncak arus mudik Lebaran 2024. Sejumlah petugas turun tangan untuk membantu mengurai kepadatan antrean di area check-in maskapai.

Comments

https://www.filefakta.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!